Sunday, January 17, 2010

Perlengkapan perang


Sejak memulai kembali hobi yang sekian lama tidak terjamah, saya mulai mengoleksi perlengkapan-perlengkapan yang di perlukan seorang sketcher untuk memulai debutnya, berikut beberapa listnya
1. Keinginan dan kemauan, nah ini dia yang membuat orang memulai hobi ini, walaupun bidang pekerjaan sama sekali tidak berhubungan dengan gambar, arsitek, ilustrator apalagi artis (saya programer mas..:P)
2. Buku sketsa, dulu media saya untuk menggambar masih sembarangan, buku tulis, buku gambar tapi paling sering ya kertas fotocopian, sejak memulai hobi ini lagi, media yang saya gunakan adalah buku sketsa, Lyra, Kiky dan selanjutnya saya ingin mencoba jenis-jenis lainnya, untuk saat ini saya ingin mencoba produk Derwent
3. Tools, pencil masih jadi alat favorit saya dalam menggambar mulai pensil mekanik, pensil biasa yang di raut dengan ketebalan beda-beda, setelah bergabung dengan IS (Indonesia's Sketchers), saya baru tahu kalau banyak sketcher menggunakan drawing pen snowman ataupun sakura pigma micron, perlu waktu lama juga untuk membiasakan menggambar dengan drawing pen, karena tidak ada lagi istilah "hapus", kedepannya ingin mencoba tinta ataupun charcoal.
4. Di masa SMP or SMA cat air adalah sesuatu yang mahal bagi saya, karena itu hitam putih dan arsiran lebih menjadi warna bagi saya, namun keingin untuk menorehkan warna ke gambar masih tetap besar, sejak memulai kembali hobi ini, saya meminjam alat pewarna milik anak saya, dari pensil berwarna, crayon hingga pencil water color, sekarang saya mulai mencoba menggunakan water color untuk tambahan warna pada sketsa saya, pilihan jatuh pada Winsor & Newton Cotman water color dan sakura koi brush pen sebagai kuasnya, keduanya sangat cocok untuk onsite sketching
Perlengkapan tambahan
5. Bangku lipat, ini pertama kali saya lihat di gunakan oleh mas Widi seorang teman IS, dan saya akhirnya mengetahui kalau bangku lipat jenis itu banyak di jual di station kereta, biasa di beli oleh pengguna kereta api yang biasanya tidak kebagian tempat duduk. Bangku ini berguna bagi saya kalau pada spot yang saya inginkan tidak ada tempat untuk duduk, becek  ataupun kotor
6. Tas kecil, untuk membawa semua perlengkapan itu

Jadi perlengkapan perang sudah siap tinggal mencari object-object yang tersebar di sekitar kita, SEMANGAT SKETSA

No comments: